Ayurvedic Pengobatan untuk Sinusitis

Ayurvedic Pengobatan untuk Sinusitis

Apa Sinusitis?

Sinus adalah rongga dalam tulang atau jaringan lainnya, terutama yang di tulang wajah atau tengkorak yang menghubungkan dengan rongga hidung.

Rongga sinus meliputi:

• sinus maksilaris - di tulang pipi.

• Frontal sinus - di tengah rendahnya dahi.

• sinus ethmoid - antara mata, di jembatan hidung.

• sinus Sphenoid - di tulang belakang rongga hidung.

Peradangan rongga sinus dari bakteri atau virus yang disebut sebagai sinusitis.

Memiliki sinyal rasa sakit sendiri lokal, tergantung pada sinus tertentu yang terkena dampak. Setiap sinus memiliki lubang ke dalam hidung untuk pertukaran bebas dari udara dan lendir, dan lapisan selaput lendir terus menerus bergabung setiap sinus dengan hidung.

Oleh karena itu, apa pun yang menyebabkan pembengkakan di hidung, baik infeksi atau reaksi alergi dapat mempengaruhi sinus. Sakit kepala berulang atau kemacetan yang berubah dengan posisi kepala dan menghilang tak lama setelah bangun tidur adalah karakteristik keterlibatan sinus.

Gejala:

· Demam

· Kelelahan

· Sakit kepala

· Hidung tersumbat dan pilek kadang-kadang

· Pembengkakan wajah

· Pasca nasal drip

· Batuk

· Sakit tenggorokan

Pengelolaan Sinusitis:

Dalam Ayurveda, kondisi ini dapat dikorelasikan dengan Dushta Pratishyaya, di mana Dosha utama yang terkena Kapha. Ia mendapat diperburuk dan vitiates Prana Vata (sejenis sub dari Vata), yang terutama hadir dalam saluran pernapasan. Dalam kondisi ini, Kapha ditutupi oleh AAMA, sisa-sisa lengket tercerna dari makanan yang merupakan resultan dari api pencernaan yang tidak tepat. Oleh karena itu garis yang benar dari pengobatan akan menjadi yang pertama

· Menyeimbangkan api pencernaan,

· Membersihkan AAMA,

· Menenangkan para vitiated Kapha

· Memastikan gerakan yang tepat dari Prana Vata melalui saluran pernapasan.

Untuk membawa keluar AAMA dan kapha tercemar dari tubuh, Panchakarma adalah alat terbaik. Terutama, dalam kondisi ini, Nasya harus digunakan. Dengan ini, semua diblokir mukosa sinus yang merupakan bentuk dari Kapha keluar yang memberikan bantuan besar kepada pasien.

Diet & Lifestyle:

Sejak Vata dan kapha adalah faktor penyebab utama kondisi ini, salah satu harus menghindari makanan dan kegiatan yang menyebabkan gangguan tersebut.

· Satu harus menghindari makanan dingin, berminyak dan berat.

· Pencernaan dan perut harus diatur dengan makanan sehat dan cahaya.

· Kepala mandi dengan air dingin harus dihindari.

· Es krim dan minuman dingin harus benar-benar dihindari.

· Pada tanda pertama dari flu dan pilek, salah satu harus mengambil tindakan pencegahan seperti inhalasi uap, anjuran panas dan sup hangat dll

· Biasa menggunakan Nasya dengan Anu ekor menguntungkan.

· Latihan teratur yoga dan Pranayama.

· Tidur Day harus dihindari.

· Hindari paparan dingin.

Nasya pengobatan:

Nasya adalah antara 5 panchkarma (terapi detoksifikasi Ayurvedic) teknik. Ini adalah aplikasi zat herbal ke dalam hidung. 'NASA HE SHIRSO DWARAM'- Hidung adalah pintu gerbang ke dalam kepala, sinus, dan lebih dalam ke paru-paru. Pengobatan Ayurvedic yang paling umum, Nasya termasuk penerapan Ghee atau minyak, kadang-kadang dengan tambahan bubuk herbal.

Nasya meningkatkan ketajaman mental dan sensori, mempromosikan kejernihan mental dan kebahagiaan emosional, membersihkan hidung dan sinus obstruksi, menganugerahkan suara yang jelas, mempromosikan ringan tubuh, menenangkan kekeringan di hidung, dan menghilangkan gejala penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar